G E M P I T A 2015

 

 

G E M P I T A 2015. Rangkaian acara Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta akan berlangsung pada 25-28 Februari 2015 mendatang. Tema GEMPITA 2015 yaitu “Melalui Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta, Lahirkan Saintis Berkualitas, Menuju Indonesia Emas”. Acaranya berupa lomba-lomba untuk siswa SMP dan SMA se-Sumbagsel. Selain itu, terdapat tambahan, yaitu: Himasakta Fair 2015 dan Donor Darah.

Untuk lomba kategori siswa SMP/sederajat se-Sumbagsel, HIMASAKTA menghadirkan Olimpiade Sains Sekolah Menengah Pertama (OS-SMP) yang ditujukan untuk siswa SMP atau sederajat dalam bentuk pengerjaan soal (olimpiade) dalam bidang Sains MIPA. Olimpiade ini terdiri dari empat cabang, yaitu: Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, Olimpiade Kimia, dan Olimpiade Biologi. Perlombaan ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap penyeleksian dan tahap analisis.

Selain itu, pada GEMPITA 2015 ini juga terdapat berbagai perlombaan untuk kategori siswa SMA/sederajat se-Sumbagsel. Di antaranya adalah Lomba Pembuatan Komik Matematika (LKM). Ini merupakan lomba pembuatan komik yang digunakan sebagai bahan untuk mengajarkan konsep matematika. Pembuatan komik ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota dua sampai empat orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, akan terpilih 10 besar kelompok pembuat komik terbaik untuk mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

Selanjutnya, Lomba Penciptaan Alat Peraga Fisika (LAPF). Pada lomba ini, peserta membuat alat peraga fisika dan berusaha menjelaskan suatu konsep fisika menggunakan alat peraga sederhana. Lomba ini menuntut peserta berpikir kreatif untuk menciptakan alat peraga sederhana yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti lomba pembuatan komik, lomba pembuatan alat peraga fisika  ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal empat orang.

Selain itu, terdapat pula Lomba Keterampilan Laboratorium Kimia (LKLK). Ini merupakan lomba yang menguji tingkat keterampilan peserta terhadap penggunaan alat-alat peraga kimia dan menggunakannya untuk membuktikan dan mencari suatu konsep kimia. Perlombaan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari dua sampai empat orang tiap kelompoknya. Perlombaan ini menggunakan sistem kompetisi untuk menentukan pemenangnya.

Ada pula Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi (LKTI-B). Ini merupakan lomba pembuatan karya tulis ilmiah bidang biologi, yang mengaitkan konsep biologi dengan tema yang telah ditentukan.

Selebihnya adalah Lomba Majalah Dinding 2D (MADING 2D). Lomba pembuatan majalah dinding ini juga dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal empat  orang tiap timnya.

Olimpiade Sains Kerohanian (OSAKA) juga akan berlangsung. Bentuk Olimpiade Kerohanian ini yaitu berupa pembuatan karya tulis yang berdasarkan observasi atau telaah pustaka yang kemudian akan dipresentasikan. Isinya mengaitkan antara sains dan agama.

Lomba Pemanfaatan Barang Bekas (PEMANGKAS). Ini merupakan lomba untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak berguna menjadi barang-barang yang lebih berguna, dan bernilai seni. Lomba ini terdiri dari maksimal empat orang tiap timnya. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa seni dan kreativitas murid SMA se-Sumbagsel.

Dalam acara GEMPITA 2015 ini, Lomba Artikel Ilmiah dan Cerpen Sains (LAICS) diganti menjadi Lomba Cerpen Sains (LCS) yang merupakan lomba untuk kategori umum. Cerpen yang dibuat merupakan karya individu/bukan kelompok, orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apa pun. Cerpen Sains dikirim via online. Pemenang akan diumumkan saat penutupan dan karya pemenang akan dimuat dalam Buletin Radiasi Himasakta FKIP Unila.

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Putra (085789905914 ), Risko ( 085380538123 ). Selain itu, dapat melihat informasi terkait acara ini di:

Web Himasakta:  http://himasakta.fkip.unila.ac.id
Twitter                 : @himasakta, Fb
Fanspage            : Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta (GEMPITA 2015)

 

“Bersama Himasakta, Berkarya Untuk Indonesia !!!”

‪#‎Totalitas_Berkualitas_TanpaBatas
‪#‎HeBaT 2014/2015

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *